Koran elektronik

Lonto Wikipedia, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo

Koran elektronik meyalo koran digital (bahasa InggrisTemplat:Lang-en) yito surat kabar mondo format elektronik u mowali bilohulo lo komputer meyalo ponsel cerdas. Karena perkembangan teknologi, koran u cecetaki masatiya malobi'a versi digital mealo elektronik mondo versi cetak uyito. Koran versi cetak secara digitalisasi pilohutu liyo madelo mealo mohumayawa sumbernya yang biasanya menggunakan metode pemindaian.

Sajara[boli'a | boli'a bungo]

Koran elektronik berkembang pesat sejalan dengan berkembangnya Internet yang mulai dipopulerkan pada tahun 1982. Koran digital muncul sebagai bentuk perkembangan teknologi komunikasi sekaligus menjawab kebutuhan konsumen yang membutuhkan penyebaran informasi u molinggahu, gambangi, wawu instan.

Salah satu koran nasional yang mempelopori berkembangnya koran elektronik adalah koran Kontan yang mulai membuat koran dalam bentuk digital pada 2 Juli 2008. Hari berikutnya, giliran Kompas memulai versi koran elektroniknya. Dua koran nasional lain yang menjadi pelopor digital adalah harian Republika dan Tempo. Beberapa koran nasional lainnya yang sudah dapat diperoleh dalam bentuk elektronik atau digital antara lain The Jakarta Post, Jawa Pos, dan Media Indonesia.