U

Lonto Wikipedia Hulontalo, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

U yito hurupu Latin modern o-21. To delomo bahasa Enggeleti, hurupu botiya hetanggulala u meyalo you, pobaca [ˈjuː]; bentuk jamaknya ues. Biasanya melambangkan vokal belakang tertutup bulat ([u]), menggantikan fungsi huruf V yang beralih sebagai lambang konsonan desis bibir-gigi nirsuara.

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Mosaik Yustinianus I di Basilika Sant'Apollinare Nuovo (abad ke-6). Vokal /u/ pada nama "Justinian" ditulis dengan huruf V sebelum terciptanya U, sementara konsonan /j/ dtulis dengan huruf I sebelum terciptanya J.
Inskripsi Romawi Kuno yang ditulis dalam huruf kapital balok Romawi. Perhatikan bahwa tidak ada huruf U, melainkan huruf V.

Templat:Sejarah huruf Huruf U berasal dari variasi huruf V pada masa Romawi Kuno. Asalnya dari huruf upsilon Yunani, yang melambangkan vokal /y/.

Pada akhir Abad Pertengahan, timbul dua bentuk huruf yaitu V dan U, kedua-duanya dipakai untuk bunyi /u/ dan /v/. Bentuk V yang meruncing ditulis di awal kata, sedangkan bentuk U bundar dipakai di tengah atau akhir kata tanpa memandang bunyinya. Oleh karena itu, kata-kata seperti valour dan excuse sama seperti ejaan zaman sekarang, tetapi kata have dan upon juga ditulis haue dan vpon. Akhirnya pada tahun 1700-an, agar bunyi konsonan dan vokal dipisahkan, bentuk V menandakan konsonan sementara bentuk U untuk vokal, maka lahirlah huruf U modern. Pada masa inilah tercipta huruf besar U; sebelum ini selalu dipakai huruf besar V. Mulanya, semenjak huruf U dan V dijadikan huruf yang terpisah, V mendahului U dalam susunan abjad, namun kini terjadi hal sebaliknya.

Penggunaan[boli'a | boli'a bungo]

Pada kebanyakan bahasa yang menggunakan sistem alfabet Latin, u melambangkan bunyi vokal belakang tertutup bulat, u , demikian pula dalam Alfabet Fonetik Internasional.

Dalam bahasa Belanda, U dapat melambangkan bunyi ɤ (vokal hampir depan hampir tertutup bulat), contohnya pada kata hut. Dwihuruf uu melambangkan yː , vokal depan tertutup bulat dipanjangkan, contohnya kata fuut. Bunyi vokal belakang tertutup bulat (seperti "u" pada kata "ibu") ditulis oe, contohnya kata hoed.

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]

Representasi alternatif huruf U
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Uniform ··–
ICS Uniform.svg Semaphore Uniform.svg ⠥
Bendera isyarat Semafor Braille

Referensi[boli'a | boli'a bungo]