I

Lonto Wikipedia Hulontalo, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
I
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

Huruf I meyalo i yito hurupu o-9 (otiyoliyo) to delomo alfabet Latin. I lowali lambang angka 1 (satu) meyalo tahun 1 to delomo angka Romawi.

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Hieroglif Mesir
"lengan" 
Proto-Semitik
yad 
Fenisia
yodh 
Yunani Kuno
iota 
Etruria
Latin Modern
I
60px

Dalam rumpun bahasa Semit, huruf Yôdh mungkin berasal dari suatu piktogram untuk "lengan" dan "tangan", berasal dari hieroglif serupa yang membawa nilai konsonan desis hulu kerongkongan bersuara (/ʕ/) dalam bahasa Mesir, tetapi dialihkan ke /j/ (seperti y pada kata "ya") oleh orang-orang Semit, karena kata Semit untuk "lengan" diawali dengan bunyi itu. Huruf ini juga boleh digunakan untuk bunyi vokal /i/, terutama dalam kata asing.

Dalam bahasa Inggris modern, I melambangkan berbagai bunyi berbeda, terutama diftong "panjang" /aɪ/ yang berkembang dari /iː/ bahasa Inggris Pertengahan setelah Peralihan Vokal Besar-besaran pada abad ke-15, serta juga vokal "pendek" terbuka /ɪ/ seperti pada kata bill. Titik pada atas 'i' kecil kadangkala dipanggil tittle.

Dalam alfabet Turki, I bertitik dan tanpa titik dianggap sebagai huruf yang berbeda dan keduanya mempunyai bentuk huruf besar (I, İ) dan kecil (ı, i).

Huruf I digunakan pula dalam ilmu pasti. I merupakan simbol kimia untuk Yodium (Iodium). Dalam fisika, I adalah simbol arus listrik.

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]

Representasi alternatif huruf I
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
India ··
ICS India.svg Semaphore India.svg ⠊
Bendera isyarat Semafor Braille