B

Lonto Wikipedia, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
B
B
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

B yito hurupu oluwoliyo to delomo alfabet Latin. To delomo bahasa Latin wawu bahasa uwewo (wayitiyo bahasa Indonesia), hurupu botiya melambangkan konsonan dwibibir, khususnya fonem [b], konsonan letup dwibibir bersuara.

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Hieroglif Mesir
"denah rumah" 
Proto-Semitik
bet 
Fenisia
beth 
Yunani Kuno
beta 
Yunani Modern
beta 
Etruria
Latin Kuno
Latin Modern
B

‹B› asaliliyo lonto piktogram tuwawu, denah lo bele tuwawu to aksara hieroglif Mesir meyalo aksara Proto-Sinaitik. Sekitar tahun 1050 SM, huruf itu dikembangkan dalam abjad Fenisia menjadi bentuk linear dan bernama beth.

Tipografi[boli'a | boli'a bungo]

Huruf kecil ‹b› berasal dari huruf tegak bersambung Romawi, saat para juru tulis mulai mengabaikan lengkungan atas pada huruf kapitalnya.

Blackletter B Uncial B
Blackletter B Uncial B
Modern Roman B Modern Italic B Modern Script B
B Romawi Modern B Italik Modern B Bersambung Modern

‹B› seringkali disalah sangka dengan huruf dalam bahasa Jerman yang mirip, ‹ß›, yang menggantikan ‹ss›.

Penggunaan[boli'a | boli'a bungo]

Dalam kebanyakan bahasa yang memakai alfabet Latin, huruf B menandakan konsonan letup dwibibir bersuara (/b/). Dalam bahasa Estonia, Islandia, dan juga transkripsi bahasa Tionghoa, B tidak bersuara, tetapi masih dibedakan dari huruf P, yang dipanjangkan menjadi /pp/ dalam bahasa Estonia, dan dihembuskan pula menjadi /pʰ/ dalam bahasa Tionghoa dan Islandia. Dalam bahasa Fiji, B dipranasalisasi menjadi /mb/, sementara dalam bahasa Zulu dan bahasa Xhosa menjadi konsonan letup-balik /ɓ/, berbanding dwihuruf Bh yang melambangkan /b/.

Bahasa Finlandia hanya memakai huruf b untuk kata pinjaman.

Dalam huruf IPA dan X-SAMPA, huruf /b/ menandakan konsonan letup dwibibir bersuara. Adanya bentuk variasi huruf b yang menandakan konsonan dwibir berkaitan, seperti konsonan letup-balik dwibibir bersuara dan konsonan getar dwibibir. Dalam X-SAMPA, huruf besar B menandakan konsonan desis dwibibir bersuara.

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]