H

Lonto Wikipedia, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
H
H
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

H yito hurupu o-8 (owaluliyo) to alfabet Latin. To delomo bahasa Indonesia, wawu bahasa Hulontalo hurupu botiya hetanggulalo ha. Dalam bahasa Inggris, huruf ini disebut aitch (jamak: aitches), dibaca /ˈeɪtʃ/ atau /ˈheɪtʃ/. Huruf ini biasanya melambangkan konsonan desis celah suara nirsuara.

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Hieroglif Mesir
"pagar" 
Proto-Semitik
ḥet 
Fenisia
het 
Yunani Kuno
eta 
Yunani Modern
eta 
Etruria
Latin Modern
H
N24

Huruf Semitik ח (ḥêṯ) kemungkinan besar melambangkan konsonan desis hulu kerongkongan tak bersuara (/ħ/). Bentuk huruf ini mungkin berarti pagar. Alfabet Yunani H awal berbunyi /h/, tetapi lama-kelamaan menjadi huruf vokal eta (Η, η) yang berbunyi /ɛː/ (dalam bahasa Yunani modern, fonem ini bergabung dengan /i/.)

Bahasa Etruska dan bahasa Latin pernah memiliki fonem /h/, namum hampir semua rumpun bahasa Roman kehilangan bunyi itu. Kemudian bahasa Romania meminjam fonem /h/ dari bahasa-bahasa Slavia di dekatnya, dan bahasa Spanyol mengembangkan bunyi /h/ sekunder dari /f/ sebelum kehilangan bunyi itu lagi, sementara beberapa dialek bahasa Spanyol memakai /h/ sebagai alofon /s/ di beberapa wilayah yang memakai bahasa tersebut.

Penggunaan[boli'a | boli'a bungo]

Dalam Alfabet Fonetik Internasional, simbol ini digunakan untuk mewakili dua bunyi. Huruf kecilnya, [h], mewakili konsonan desis celah suara tak bersuara atau 'berhembus', dan huruf besar yang dikecilkan, [ʜ], melambangkan konsonan desis katup napas tak bersuara.

H juga digunakan dalam ilmu pasti. Dalam kimia, H adalah simbol kimia untuk Hidrogen. H adalah simbol konstanta Hubble (huruf besar) dan ketinggian/kedalaman (huruf kecil) dalam fisika.

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]

Representasi alternatif huruf H
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Hotel ····
⠓
Bendera isyarat Semafor Braille