S

Lonto Wikipedia, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
S
S
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

S yito hurupu o-19 to delomo abjad Latin. Hurupu botiya hetanggulala es, pobaca [ɛs].

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Proto-Semitik
šimš 
Fenisia
shin 
Yunani Kuno
sigma 
Yunani Modern
sigma 
Etruria
Latin Kuno
Latin Modern
S

Huruf Syin ("gigi") dari rumpun bahasa Semit pernah melambangkan konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara /ʃ/ (seperti dalam kata syarat). Bentuk asalnya mungkin menggambarkan gigi atau buah dada. Bahasa Yunani tidak mengandung bunyi /ʃ/ tersebut, maka huruf sigma (Σ) digunakan untuk mewakili /s/. Nama "sigma" barangkali diambil dari huruf Semitik "Sâmek" (ikan; tulang belakang) dan bukan "Šîn". Dalam bahasa Etruska dan Latin, nilai bunyi [s] ditetapkan, dan hanya dalam bahasa modernlah huruf ini dipakai untuk mewakili bunyi lain, seperti konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara [ʃ] dalam bahasa Hongaria dan Jerman (sebelum p, t), atau konsonan desis rongga-gigi bersuara [z] dalam bahasa Inggris (rise, 'bangun'), Prancis (lisez, 'baca') dan Jerman (lesen, 'membaca').

S normal S panjang S tajam
(Ess-tsett)

Penggunaan[boli'a | boli'a bungo]

Dalam kebanyakan bahasa yang memakai alfabet Latin, serta juga Alfabet Fonetik Internasional, huruf s mewakili konsonan desis rongga-gigi nirsuara, kecuali bahasa Vietnam dan bahasa Hongaria. Di sana S melambangkan konsonan desis pascarongga-gigi nirsuara /ʃ/, seperti dwihuruf "sy" pada kata "syarat." Bahasa-bahasa lain termasuk bahasa Inggris, Portugis dan Jerman mengandung kata-kata yang mana "s" mewakili bunyi /ʃ/ dan /z/.

S juga digunakan sebagai lambang dalam ilmu pasti. Dalam ilmu kimia, S adalah simbol kimia untuk Sulfur (belerang). Dalam fisika, S digunakan sebagai simbol jarak. S juga merupakan singkatan dari unit waktu dalam sistem Satuan Internasional: sekon (detik).

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]

Representasi alternatif huruf S
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Sierra ···
⠎
Bendera isyarat Semafor Braille