F

Lonto Wikipedia Hulontalo, ensiklopedia pereyi bahasa Hulontalo
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
F
Abjad Latin dasar
Aa Bb Cc Dd Ee  
Ff Gg Hh Ii Jj  
Kk Ll Mm Nn Oo  
Pp Qq Rr Ss Tt  
Uu Vv Ww Xx Yy Zz  

F yito hurupu latin olomiyo to bahasa Latin. Tangguliyo to delomo bahasa Enggeleti, Indonesia ef pobaca [ɛf]. Hurupu botiya layito hepopohunaliyo moluwoto tingohu konsonan desis bihu-dungito ja otingohu.

Sojara[boli'a | boli'a bungo]

Proto-Semitik
waw 
Fenisia
waw 
Yunani Kuno
digama 
Yunani Modern
digama 
Etruria
Latin Modern
F

Asal usul huruf F bermula dari huruf Semitik <i id="mwFQ">vâv</i> yang melambangkan bunyi /v/, dan kemungkinan mulanya menggambarkan "kait" atau "gada". Huruf vâv mungkin juga terbentuk berdasarkan suatu hieroglif Mesir, yang menggambarkan "gada":

T3

Bentuk huruf Fenisia waw diserap ke dalam huruf Yunani sebagai huruf vokal, upsilon (yang menyerupai keturunannya, huruf Y, tetapi juga menjadi leluhur huruf-huruf U, V, dan W); dan juga dalam satu bentuk lain, yaitu huruf konsonan digamma yang menyerupai huruf F Romawi, tetapi diucapkan /w/ seperti dalam bahasa Fenisia. Kemudian, fonem /w/ tersebut pudar dari bahasa Yunani, lalu fungsi digamma sebagai angka saja.

Dalam bahasa Etruska, F juga diucapkan /w/. Pada akhirnya orang Etruska mengemukakan satu inovasi yaitu menggunakan dwihuruf FH untuk bunyi /f/, dan huruf F mewakili fonem /f/ saat orang Romawi menyerapnya (karena mereka sudah meminjam huruf U dari huruf Yunani upsilon untuk bunyi /w/). Huruf phi (Φ φ) juga menyamai bunyi /f/ dalam bahasa Yunani.

Kode komputasi[boli'a | boli'a bungo]

Representasi alternatif huruf F
Alfabet fonetik NATO Kode Morse
Foxtrot ··–·
ICS Foxtrot.svg Semaphore Foxtrot.svg ⠋
Bendera isyarat Semafor Braille